Selasa, 05 April 2011

VOIP dan Cara Kerjanya


·         Pengertian VOIP
Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
VoIP merupakan singkatan dari Voice Over Internet Protocol, juga dikenal sebagai IP Telephony atau Internet Telepon. VoIP merupakan cara lain untuk kita nelpon lewat Internet Protocol. Berbeda dengan kegiatan nelpon yang sudah kita kenal, VoIP tidak memerlukan sebuah perangkat ‘telepon’ real yang diperlukan hanyalah sebuah akses internet, sebuah microphone dan speakers. Dengan seperangkat alat tersebut, anda bisa melakukan kegiatan nelpon dengan biaya yang murah bahkan gratis.

·         Gambar dan cara kerja VOIP

Cara kerja VOIP:
VOIP akan bekerja pada saat dua buah komputer terhubung dengan internet, mempunyai kartu suara yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan perangkat lunak khusus, kedua pemakai komputer saling terhubung dalam koneksi VOIP satu sma lain, hubungan tersebut dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar, namun lebih ditekankan pada hubungan dalam bentuk suara, pesawat  telepon  dapat terhubung dengan VOIP.

0 komentar:

Posting Komentar